Nilai Pendidikan

        Cara kita untuk mengapresiasi suatu hal ialah dengan memberinya nilai. Nilai bergantung pada siapa yang memberikan. Setiap orang akan memiliki penilaian yang berbeda terhadap suatu hal. Tergantung seberapa besar hal tersebut berpengaruh kepada dirinya. Begitu juga dengan pendidikan, setiap orang memiliki penilaian tersendiri terhadap pendidikan.

        Pendidikan adalah proses pembelajaran akan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan sudah secara mutlak menyelimuti manusia. Oleh karena itu, banyak lembaga pendidikan yang dibangun untuk meningkatkan pendidikan dimasyarakat secara merata. Namun seiring berjalannya waktu, eksistensi dan efektivitas pendidikan mengalami kemerosotan.

        Kita diberikan kemudahan untuk memperoleh segala informasi dengan cara instan melalui internet. Hal tersebut membuat kita merasa bahwa kita memiliki pilihan untuk mendapatkan pendidikan kita. Kemudahan itu membuat kita terlena sehingga beralih dari pendidikan yang sebenarnya. Dalam lembaga pendidikan seperti sekolah, bukan hanya ilmu pengetahuan secara teori yang kita dapatkan, tetapi juga keterampilan kita serta cara penerapannya. Hal tersebutlah yang tidak kita dapatkan jika tidak mengikuti pendidikan yang benar.

        Pendidikan sudah seperti barang antik. Hanya akan dihargai dan dinilai tinggi oleh orang dan tempat yang benar saja. Hal itulah yang membuat perbedaan nilai mengenai pendidikan disetiap orang. Orang yang tidak benar-benar dalam mengikuti pendidikan yang baik akan berbeda pandangan dan penilaiannya tentang pendidikan. Mereka menganggap bahwa pendidikan bukanlah hal yang begitu penting untuk masa depannya oleh karena kemudahan yang sudah ia miliki saat ini.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita menberi nilai tinggi terhadap pendidikan? Apakah pendidikan yang kita dapatkan telah menjadikan kita sebagai seorang yang tinggi ilmu? Setiap orang layak untuk mendapatkan pendidikan, tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan pendidikan yang layak seperti pada saat ini. Pemerintah telah sangat berupaya untuk menaikkan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, marilah menjunjung tinggi pendidikan dan menjadi seorang yang sukses dengan ide dan karya-karya yang luar biasa.