New year, new resolution

Iyusfransiska Manullang  EP’21-

 

“Resolusi”. Kata ini sangat identik dengan Tahun Baru. Orang-orang membuat daftar berisi komitmen, rencana, harapan, dan cita-cita yang akan mereka perbuat di tahun yang baru.

Membuat resolusi tahun baru, seperti membuka lembaran baru untuk merencanakan banyak hal. Dengan membuat resolusi, kita diharapkan mampu menyemangati diri sendiri dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Selain bisa menjadi penyemangat, resolusi juga bisa menjadi cara terbaik untuk menciptakan kebiasaan baru.

Saya bisa mengingat berbagai resolusi yang sudah saya buat tetapi saya juga bisa saja abaikannya. Walaupun pada satu sisi saya percaya bahwa membuat resolusi di tahun baru itu penting. Ada beberapa alasan mengapa resolusi di tahun baru itu penting.

Pertama, kita semua perlu berubah. Perubahan dalam diri setiap manusia pada dasarnya adalah sebuah kewajiban. Setiap saat manusia selalu dituntut untuk menjadi lebih baik. Walaupun banyak manusia yang berpikir bahwa untuk mengubah sikap/perilaku dalam waktu singkat itu sangatlah sulit dan hampir tidak mungkin, tetapi sebenarnya itu bisa saja dilakukan. Jika kita sudah berpikir bahwa perubahan tersebut akan sangat sulit dilakukan maka pada dasarnya kita sudah melakukan penolakan adanya perubahan yang hendak dilakukan. Oleh karena itu, agar perubahan yang hendak dilakukan dapat berjalan sesuai dengan harapan maka kita harus menanamkan pemikiran bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini. Semua perubahan membutuhkan proses, waktu dan kemauan, serta kesadaran dalam melakukan sesuatu.

Kedua, tahun baru adalah waktu yang paling baik untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Tentu kita bisa gagal dalam melakukan apa yang sudah kita rencanakan, tetapi kalau kamu sangat takut gagal sehingga kamu tidak pernah membuat target yang harus dicapai maka, kamu tidak akan pernah mencapai atau mendapatkan apapun. Kegagalan bukanlah akhir. Ketakutan akan kegagalan malah membatasi dan menghambat kita. Kita hanya bisa benar-benar sukses kalau kita bersedia untuk gagal.

Ketiga, Resolusi tahun baru merupakan suatu hal yang positif, sayangnya sering kali diremehkan. Karena resolusi kerap kali dianggap sebagai omong kosong, padahal resolusi tahun baru mendorong kita memperbaiki diri untuk berhasil mencapai tujuan hidup. Penting atau tidak nya sebuah resolusi, kembali pada masing-masing individu. Tetapi resolusi itu suatu hal yang positif dan bagus dilakukan karena membuat orang punya tujuan kemudian mengarahkan dirinya menjadi tujuan tersebut.

Tidak ada salahnya membuat resolusi di Tahun Baru ini. tetapi jangan lupa bahwa hal yang paling penting ialah prinsip; “Jika Tuhan menghendakinya.” Ini tidak berfungsi sebagai pemanis kata-kata, supaya terkesan rohani. Ketika kita mengucapkannya, kita sungguh-sungguh berserah kepada Tuhan, melibatkan Dia dalam segala perencanaan kita, karena dengan perkenan-Nya lah kita dapat melakukan apa pun. Dengan melibatkan Tuhan, kita pun akan serius dengan resolusi atau komitmen yang kita buat. Dan kalaupun kita tidak membuat resolusi tertentu, itu tidak menjadi persoalan, yang penting kita selalu melibatkan Tuhan dalam menjalani Tahun Baru ini dalam anugerah-Nya.

Semangat menjalani tahun 2022.

 

Opini.pdf (unduh)

0 0 vote
Article Rating