Education That will Change Your Life

 Maria Tambunan, AKT’19

 

        Semua orang ingin hidup dengan enak, hidup bergelimang harta, dan hidup dengan kebahagiaan. Namun, tidak semua orang ingin merasakan kesusahan untuk mendapatkan semua kebahagiaan tersebut. Sekarang ini manusia selalu ingin cara yang instan dalam mendapatkan segala hal termasuk dalam hal kesuksesan, banyak manusia yang tidak ingin menjalani proses pembelajaran untuk meraih kesuksesan. Pendidikan merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan semua keinginan tersebut, tetapi pendidikan bukanlah satu-satunya jalan untuk mendapatkan  hal tersebut.

        Saya adalah Seorang Gadis yang berasal dari desa yang di mana masyarakatnya masih memiliki pola pikir yang sempit dalam hal pendidikan. Saya sering mendengar masyarakat di desa saya berkata “Untuk apa sih kuliah? Lebih baik langsung kerja saja merantau jauh ke luar kota mendapatkan uang lalu dikirimkan gajinya ke kampung. Tuh, kamu lihat banyak sarjana yang jadi tukang becak, jadi petani, jadi penggaguran, tidak perlulah memiliki pendidikan yang tinggi. ” Kata-kata seperti itu yang sering saya dengar disaat saya sedang berada di kampung. Saya terkadang hampir saja meracuni pemikiran saya terhadap perkataan tersebut. Namun, pada akhirnya itu semua tidak membuat saya menjadi merasa rendah diri dan mundur untuk berjuang dalam mendapatkan pendidikan sarjana saya, saya semakin semangat karena saya tahu melalui pendidikan saya bisa mengubah pola pikir mereka. Oleh karena pemikiran masyarakat di desa seperti itu, banyak anak muda dari desa saya yang merantau untuk bekerja dan hanya beberapa orang saja yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

        Semua yang mereka katakan benar, jika pendidikan yang tinggi bukanlah jaminan diri kita akan sukses, namun melalui pendidikan pola pikir kita akan diubah, cara pandang kita dalam melihat masalah, dan menyelesaikan masalah, dan melalui pendidikan kita bisa mengubah dunia ini.

        Untuk kita yang sedang berjuang di bangku pendidikan, kita adalah manusia yang beruntung bisa duduk di sana, karena diluar sana pemikiran sempit telah memasuki pikiran anak muda sehingga mereka tidak bisa menikmati berbagai pengalaman yang kita miliki sekarang ini. Jangan ada kata menyerah ketika dirimu sedang berjuang di bangku pendidikan. Jika kamu lelah, beristirahatlah sebentar, namun jangan lupa untuk bangkit lagi. Untuk mengubah dunia kecil ini, Mindset atau pola pikir kita sendiri yang harus diubah sehingga pada akhirnya kita dapat mengubah dunia. Pendidikan merupakan jalan seorang anak untuk menaikkan derajat orang tua.

Opini.pdf (unduh)

4 5 votes
Article Rating