AWAL SUKACITA YANG BARU 

Syalom teman-teman terkasih. Marilah kita mengucap syukur untuk tahun yang baru yang masih Tuhan sediakan untuk kita semua dan bersyukur karena kasihnya, kita tetap mampu bertahan melalui tahun 2020 yang penuh dengan pergumulan.

Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh dengan pelajaran dari setiap pergumulan yang terjadi, mulai dari maraknya pandemi Covid-19, bencana alam di beberapa daerah, dan konflik internal yang terjadi di beberapa negara. Kekacauan yang terjadi seakan menghilangkan pengharapan setiap manusia. Namun, sejatinya bahwa harapan adalah didasarkan kepada Kristus, oleh sebab itu kita masih memiliki kekuatan untuk melalui tahun-tahun yang berat hingga sampai kepada tahun yang baru yang diharapkan akan penuh dengan sukacita.

Kehidupan di tahun 2020 memang penuh dengan lika-liku bahkan demikian tahun sebelumnya juga. Namun satu hal yang bisa kita syukuri disetiap tahunnya ialah penyertaan Tuhan. Seperti tertulis pada Yesaya 43:18-19 yang berkata “firman-Nya: “Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara”. Seperti yang dikatakan Kristus kepada kita, bahwa hal yang telah lalu jadikan-Nya sebagai pembelajaran dan kita tidak perlu terlalu mengingatnya. Yang hendak kita lakukan ialah tetap bertahan dengan pengharapan akan janji yang tuliskan-Nya, bahwa Dia akan membuat sesuatu yang baru untuk kehidupan kita.

Tahun 2021 ini sangat penuh dengan pengharapan untuk menjadi tahun yang membawa sukacita yang baru kepada kita. Tahun 2020 menjadi refleksi, bagaimana kita bisa melalui segalanya dengan penyertaan Tuhan, dan mampu serta berani membuka lembaran baru di 2021 untuk menjadi lebih baik lagi. Awal yang baru di tahun 2021 menjadi awal yang baik untuk memperbaiki apa yang telah kita perbuat yang masih belum berkenan di hadapan Allah. Menjadikan setiap hari-hari dalam kehidupan di 2021 semakin positif dan menyenangkan hati Tuhan.

Awal sukacita yang baru menjadi harapan dan kekuatan kita untuk melanjutkan tahun di 2021 ini, bahwa benar adanya, Kristus akan mengubah setiap kedukaan dimasa lalu menjadi kesukaan yang besar di tahun ini. Bukan karena satu dua alasan, yang Tuhan mau adalah kita tetap bertekun atas pengharapan dan kehidupan yang lebih baik yang telah janjikan-Nya. Karena keseluruhan yang terjadi dalam kehidupan kita ialah sesuai dengan waktu Tuhan dan sesuai dengan rencana-Nya, dan kunci dari semuanya ialah keyakinan kita kepada Dia.

Dan menjadi pegangan untuk kita dalam menjalani tahun yang baru ini dengan penuh harapan tertulis pada Yeremia 29:11 ”Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” UOUS, Syalom.

Renungan.pdf (unduh)

5 1 vote
Article Rating