OPTIMIS 2021

Halo, teman-teman terkasih. Kita sudah memasuki tahun yang baru yaitu tahun 2021. Di tahun 2020 kita telah menemui banyak hal yang sangat berkesan untuk kita, baik itu kesan yang menyenangkan maupun kesan yang menyayat hati. Tahun 2020 telah kita jalani dengan diselimuti kegundahan dan kekecewaan. Semua perencanaan yang telah jauh-jauh hari kita persiapkan harus terbuang sia-sia. Semua angan-angan dan harapan kita telah buyar dilindas oleh pandemi ini. Ditambah lagi dengan kebimbangan akibat ketidakpastian dari segala hal dalam situasi saat ini. Ruang gerak kita terbatas, segala hal yang akan dilakukan harus dipertimbangkan sebaik mungkin. 

Sekarang sudah tahun 2021. Situasi masih sama, bahkan tak bergairah. Akan tetapi kita tidak boleh pasrah dan larut dalam situasi monoton ini. Di tahun 2021 ini, ada banyak harapan bagi kita untuk mengeksplor diri meski dengan cara dan situasi yang berbeda dari sebelumnya. Kita perlu semangat baru dalam mengawali tahun ini, semangat yang harus membara. Dalam mengawali sesuatu diperlukan adanya planning ( perencanaan). Segala sesuatu yang kita kerjakan dengan perencanaan hasilnya akan lebih bagus.

Berikut ini planning ( perencanaan) yang bisa kita buat untuk mengawali tahun 2021 ini:

  1. Mengevaluasi diri

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengevaluasi diri. Di evaluasi ini kita menilai pribadi kita. Apa saja yang telah kita perbuat ? Bagaimana sikap dan tindakan kita dalam berbuat tersebut ? Apakah kita telah bersungguh-sungguh ? kita perlu menilai dan melihat apa saja yang telah kita capai di tahun 2020. Dari evaluasi ini kita akan mengetahui apa saja yang perlu kita perbaiki dari dalam diri kita, sehingga kita mengetahui langkah yang tepat dalam mengawali tahun 2021 ini.

  1. Membuat rencana

Setelah kita mengevaluasi diri, selanjutnya kita membuat perencanaan. Tuliskan dan tetapkanlah segala hal yang ingin kita capai di tahun 2021 ini dimana kita dapat selalu melihatnya. Rencana yang kita buat sebaiknya tidak hanya sekedar rencana, tetapi ada tujuan dan sasaran yang ingin kita capai. Seperti, di tahun 2021 ini bagi siswa SMA, keinginan terbesar adalah lulus Perguruan Tinggi yang disukai. Tahun ini, bagi mahasiswa meraih IPK yang memuaskan, membuka usaha bagi yang ingin berwirausaha. Itu hanya contoh kecil, masih banyak rencana yang lebih besar lagi yang bisa kita tetapkan sebagai langkah awal kita mengawali tahun 2021 ini.

  1. Fokus dan konsisten pada rencana

Setelah menetapkan tujuan, selanjutnya dalam mencapai. Diperlukan kesungguhan dan konsistensi kita dalam melaksanakannya. Keseriusan dan sikap konsisten dalam mengerjakan segala sesuatunya akan menjadi bayaran yang pas untuk hasil yang berkualitas. Hasil yang akan kita capai tergantung dari kesungguhan dan keseriusan kita dalam melaksanakannya. Memang tidak semua keinginan kita akan terwujud sesuai ekspektasi, tetapi kembali ke diri kita, jika kita fokus dan konsisten pada tujuan, percayalah kita akan mendapat hasil yang terbaik.

  1. Tetap menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan juga penting, terlebih di situasi pandemi seperti ini. Hendaknya kita tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan. Fisik yang sehat adalah kunci utama kita untuk beraktivitas.

Baiklah teman-teman, itu saja sedikit sebagai langkah awal kita mengawali tahun 2021 ini. Semua kembali ke diri kita sendiri. Kita perlu semangat baru untuk tahun 2021 ini. Selanjutnya bagaimana sikap kita dalam menghadapi situasi ini, dan dengan kesungguhan serta konsisten yang tinggi kita pasti akan memperoleh hasil yang terbaik.

Opini,pdf (unduh)

0 0 vote
Article Rating